Pages

Bisnis Hidroponik Rumahan, Apakah Menjanjikan?

Monday, May 18, 2020

Bisnis hidroponik rumahan, apakah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan?

Ya, tak dapat kita pungkiri bahwa bisnis hidroponik rumahan masih menjadi salah satu ide bisnis yang segar. Hanya saja, walau ide bisnis ini menjadi sebuah peluang bisnis yang segar tak banyak orang yang menyadarinya. Bahkan banyak orang terkesan meremehkannya.
Padahal, jika ditekuni dan dijalankan dengan baik ide bisnis hidroponik rumahan bisa menjadi salah satu ide bisnis yang sangat menjanjikan. Lantas, apa saja keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda menekuni bisnis hidroponik rumahan ini? Berikut kami akan berikan ulasannya untuk Anda!

Keuntungan Bisnis Hidroponik Rumahan


1. Tak butuh lahan yang besar

Alasan pertama mengapa bisnis hidroponik menjadi ide bisnis sederhana yang bisa dijalankan adalah karena tidak butuh lahan yang besar dalam menjalankan ide bisnis yang satu ini. Sehingga siapa pun bisa menjalankannya.

Menanam tanaman secara hidroponik tentu berbeda dengan bisnis tanaman di lahan konvensional. Anda hanya perlu lahan sempit dan media tanam khusus yang bisa tumbuh dengan baik di lahan yang terbatas.

Soal hasil, Anda bisa dapatkan keuntungan yang besar dengan modal yang minim dengan menjalankan bisnis ini.

2. Modalnya cukup besar hasilnya sangat besar

Kami tidak pernah mengatakan bahwa bisnis hidroponik menjadi ladang bisnis yang tidak butuh modal karena Anda tidak butuh beli lahan untuk menjalankan bisnis ini. Namun tetap saja, walau Anda tidak butuh modal berupa pembelian lahan, namun Anda butuh modal untuk pengadaan bibit, perawatan tanaman dan pastinya persiapan media tanam.

Walau cukup banyak modal yang Anda harus keluarkan, Anda juga harus tahu bahwa harga jual dari tanaman hidroponik memiliki selisih yang lumayan sehingga dalam jangka waktu yang tidak lama modal yang Anda keluarkan akan segera tertutupi.

Masih berkaitan dengan masalah modal, satu hal yang Anda perlu garis bawahi bahwa dalam menjalankan bisnis hidroponik Anda tidak perlu media tanam konvensional yaitu tanah. Hal tersebut karena tanaman hidroponik butuh media tanam berupa air yang bernutrisi.

Air yang digunakan pun benar – benar punya nutrisi, jadi tidak bisa sembarang air yang digunakan. Air yang digunakan sebagai media tanam tanaman hidroponik memiliki nutrisi yang dapat membuat tanaman tumbuh dengan subur dan memiliki kualitas yang baik.

Dalam penanaman hidroponik, Anda tak perlu pestisida dalam perawatan tanaman karena tanaman yang ditanam tidak akan diserang oleh hama atau penyakit apapun. Jadi potensi gagal panen tidak akan terjadi.

Hanya saja untuk menanam tanaman hidroponik, Anda harus melakukan instalasi hidroponik dengan budget lebih dari 50 juta rupiah. Itulah nominal modal yang setidaknya Anda harus siapkan dalam memulai bisnis yang satu ini.

Namun dengan modal yang besar, Anda juga bisa dapatkan hasil yang besar karena hasil panen Anda dibanderol dengan harga yang tinggi. Semisal selada coy yang konvensional dijual dengan harga 3 ribu rupiah saja, maka selada coy hidroponik dijual dengan harga mencapai hampir 9 ribu rupiah. Sangat besar bukan rentang perbedaan harganya?

Mengenai informasi selengkapnya tentang cara memulai bisnis hidroponik rumahan, baca : Cara Bisnis Hidroponik Rumahan yang Harus Dipahami Pemula

3. Banyak tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik

Kalau Anda masih belum tahu apa saja tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik, disini kami akan memberikan informasinya.

Ada beberapa jenis tanaman yang Anda bisa tanam secara hidroponik. Salah satu jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik adalah cabai rawit. Potensi keuntungan yang besar bisa Anda dapatkan dengan menanam cabai rawit.


Belum lagi banyak orang menjadikan cabai rawit sebagai bagian dari konsumsi hariannya sehingga bisa dipastikan permintaan pasar atas cabai rawit akan sangat besar. Jika Anda tertarik untuk menjalankan ide bisnis hidroponik menanam cabai rawit, baca : Cara Memulai Bisnis Hidroponik Cabai Rawit yang Menjanjikan

Soal perkembangannya, bisnis ini akan menjadi sebuah ide bisnis yang berkembang pesat dari waktu ke waktu. Utamanya ketika masyarakat sudah benar – benar memahami tentang pentingnya beralih dengan gaya hidup sehat melalui pengonsumsian makanan sehat.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis sayuran hidroponik, Anda harus tahu target market Anda siapa. Tentu karena harga sayuran hidroponik mahal, maka target market Anda bukan kalangan menengah ke bawah.

Sesuai dengan kualitas premium yang dihasilkan dari sayuran hidroponik, pengusaha tanaman hidroponik harus paham bahwa target bidikannya adalah kalangan masyarakat menengah ke atas. Nah, dalam rangka menjangkau kalangan tersebut maka salah satu strategi pemasaran yang bisa dilakukan yaitu menggandeng beberapa pasar modern.

Diantara pasar modern yang bisa menjadi bidikan market pengusaha sayuran hidroponik seperti hotel, restoran, cafĂ©, atau pelaku industri catering. Pastikan Anda bisa menjalin kerjasama dengan mereka dan Anda bisa memasok bahan – bahan kebutuhan pada mereka.

Hanya saja untuk bisa masuk ke ruang lingkup mereka sangat tidak mudah. Lantas bagaimana cara yang bisa diterapkan agar bisa menjalin kerjasama dengan lini target kelas atas tersebut?

Salah satu caranya adalah membuat proposal dan mengirim sample produk sayur Anda yang masih fresh. Dengan mengirim proposal sekaligus sample produk sayur Anda, proposal Anda tidak akan dipandang sebelah mata karena Anda tidak hanya mengirimkan kertas cuap – cuap saja melainkan juga sekaligus langsung membuktikan kualitas.

Langkah diatas sangat cocok untuk diterapkan agar bisa meyakinkan pihak bidikan Anda agar bisa bekerjasama dengan Anda. Atau langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah memperkenalkan kebun hidroponik yang Anda punya sebagai tempat agrowisata agar semakin banyak orang yang datang dan membuktikan kualitas produk Anda.

Strategi promosi yang satu ini nyatanya sangat efektif karena peserta tidak hanya bisa melihat produk dari gambar melainkan bisa melihat bagaimana media tanamnya dan bisa membuktikan kualitasnya secara langsung.

Akhirnya mereka tidak akan ragu dengan produk hidroponik yang Anda hadirkan. Sebagai tambahan daya tarik terhadap konsumen, Anda juga bisa mulai memikirkan untuk membuka kelas pelatihan bagi pemula yang ingin menekuni bisnis yang serupa.

Dengan memberikan pelatihan bisnis bagi pemula, Anda pun bisa mendapatkan manfaat ganda. Anda juga bisa menjadi pemasok media tanam, pemasok bibit atau pemasok lainnya bagi pebisnis pemula yang belajar di tempat Anda.

Dengan begitu keuntungan ganda akan Anda dapatkan. Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan berupa penjualan suatu produk jadi atau produk telah panen saja, melainkan Anda juga sekaligus bisa menjadi pemasok bibit dan berbagai piranti hidroponik yang dibutuhkan pemula.

Pasar Anda akan sangat berkembang dan sangat bagus melalui metode diatas. Yang paling penting Anda pikirkan dalam bisnis ini agar bisa sukses adalah bagaimana caranya Anda membangun relasi yang baik dan mengoptimalkan kekuatan bisnis Anda.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS