Wednesday, April 3, 2019

Usaha Minuman Susu Unik & Anti Mainstream

Apakah Anda masih ingat sensasi minum susu menggunakan dot? Kebanyakkan dari Anda mungkin sudah tidak ingat lagi bagaimana sensasinya. Walaupun begitu, hampir semua dari Anda pasti pernah minum menggunakan dot saat kecil dulu.

Sebenarnya, kenangan semacam ini bisa menjadi peluang usaha yang bagus. Sebagai contoh, saat ini sudah berkembang sebuah usaha kuliner yang memanfaatkan kenangan saat meminum dot di masa kecil dulu.

Usaha ini bisa Anda terapkan karena mampu membuat sesuatu yang anti-mainstream dan berbeda dengan kompetitor. Usaha ini menggunakan botol dot yang merupakan benda familiar banyak orang. Botol dot tersebut digunakan sebagai kemasan minuman susu.

Jangan dikira bahwa membuat usaha kuliner anti-maintream harus selalu mengeluarkan modal yang besar. Mengenai modal yang dibutuhkan kisaran kurang lebih Rp 500.000 saja untuk memulai usaha kuliner tersebut.

Modal yang tidak terlalu besar tersebut digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan membuat milkshake dan tentu saja botol dot. Dari usaha unik ini Anda bisa belajar bahwa konsep yang unik dan kuat akan membuat usaha Anda lebih cepat diperhatikan orang.

Salah satu tantangan usaha jenis ini adalah calon pembeli itu sendiri. Kebanyakkan dari mereka biasanya masih ragu karena produk yang masih baru. Tentu saja, bukan pengusaha namanya jika Anda menyerah begitu saja.

Tugas Anda tentu saja meyakinkan calon pembeli dengan melakukan promo secara gencar. Selain memanfaatkan media online seperti blog dan berbagai jejaring sosial media, Anda juga bisa memanfaatkan event-event offline.

Bazar atau event kuliner sangat cocok untuk memamerkan usaha kuliner Anda. Layani pertanyaan calon pembeli dengan ramah dan jelas agar mereka menjadi lebih tertarik membeli produk Anda. Mungkin awalnya kurang diterima masyarakat karena kebanyakkan dari mereka malu. Namun, setelah diberikan pengertian dan promo kemungkinan besar masyarakat pun akan mulai mencoba produk Anda.

Walaupun unik bukan berarti Anda harus membandrol harga yang mahal. Ide memang mahal namun ada baiknya melihat harga pasar. Berikan harga yang bersaing dengan kompetitor sehingga pembeli memiliki pandangan baru saat mencoba kuliner unik. Selain itu, Anda juga harus memiliki strategi untuk mengambil untung. Biasanya, margin keuntungan usaha adalah sekitar 30% hingga 60%.

Jangan lupa bahwa setiap usaha termasuk usaha kuliner memiliki banyak tantangan. Karena itu, Anda harus sabar dan pantang menyerah untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Justru dengan menyelesaikan setiap tantangan, usaha Anda bisa lebih berkembang dari sebelumnya.

Teruslah berimprovisasi dengan menambahkan variasi rasa, membuat kemasan yang unik, nama yang aneh, dan lain sebagainya. Tentu saja, jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas dan cita rasa usaha Anda.

No comments:

Post a Comment

12 Langkah Untuk Membantu Anda Memulai Bisnis Dengan Sukses

Siapa pun bisa menjadi pengusaha yang baik. Orang yang sukses dalam bisnis tidak harus memiliki gelar atau memiliki segunung property, a...