Skip to main content

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner Pop Corn

Bisnis kuliner dapat dikatakan sebagai bisnis yang tidak pernah mati. Hal ini dikarenakan, makanan akan selalu dibutuhkan setiap orang. Dan, kondisi ini berlaku untuk semua jenis makanan, termasuk makanan ringan. Popcorn merupakan salah satu makanan ringan yang digemari banyak orang. Oleh karena itu, peluang bisnis popcorn untuk berkembang sangat besar.

Selain sehat, popcorn juga dapat dinikmati kapan saja. Secara keseluruhan, bahan baku bisnis ini juga murah. Jadi margin keuntungan dapat mencapai level yang cukup tinggi. Bila Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya.

Rencana Bisnis POP Corn

Anda perlu membuat rencana bisnis popcorn Anda dengan detail. Ada beberapa hal yang dapat Anda masukkan ke dalamnya, seperti:
  1. Rasa popcorn.
Anda perlu memberikan keterangan detail mengenai rasa ini. Hal ini dikarenakan, rasa merupakan senjata utama Anda dalam bersaing dunia bisnis popcorn. Contoh rasa yang dapat Anda masukkan, seperti rasa gurih, manis dan lainnya.
  1. Tentukan konsumen Anda
Tentukan pula lokasi dan cara Anda memasarkan produk popcorn Anda. Anda dapat memilih menjual secara grosir, membuka booth atau menyewa lokasi di depan toko.
  1. Kemasan popcorn yang akan Anda gunakan
Kemasan mengenai berat, model kemasan, pewarnaan kemasan, serta bahan yang di gunakan untuk kemasan juga di peritungkan secara matang.
  1. Aliran uang bisnis Anda.
Hal ini penting dalam menghadapi naik turunnya penjualan, agar keuangan bisnis Anda bisa stabil dan tentunya akurat untuk mengetahui laba atau tidaknya dari bisnis Anda.
  • Peralatan
Persiapkan pula peralatan yang dibutuhkan. Anda dapat membeli alat penggorengan popcorn dan pengemas popcorn, bila Anda ingin menetap di satu lokasi untuk berjualan. Bila Anda berencana berjualan keliling, pilih tipe peralatan pembuat popcorn portabel.

Sediakan pula kulkas bila diperlukan. Sebenarnya, popcorn dapat disimpan lama dengan pengemasan yang baik, tanpa kulkas. Tetapi, bila Anda menambahkan mentega, maka diperlukan kulkas. Perhatikan pula kebersihan peralatan dan tempat Anda membuat popcorn. Pastikan Anda mendapatkan ijin dari Depkes untuk hal ini.
  • Bahan Baku dan Pengemasan
Anda dapat membeli bahan baku dari supplier yang Anda kenal. Atau Anda juga dapat menggunakan layanan toko online. Saat ini, sudah banyak toko online yang menyediakan bahan baku dalam jumlah besar.

Pengemasan juga perlu Anda perhatikan. Bila Anda menjualnya dari booth, maka pastikan wadah penyajian mempunyai desain menarik. Tempatkan pula logo dan nama produk Anda pada wadah tersebut. Bila Anda ingin mengemas dan menjualnya secara grosir, pastikan Anda mencantumkan informasi komposisi, berat produk dan lainnya. Jangan juga lupakan kontak perusahaan Anda.
  • Pemasaran
Gunakan semua metode pemasaran yang dapat Anda temui. Contohnya, desain menarik pada booth Anda, demonstrasi produk Anda, pemberian sampel rasa dan lainnya.

Kunci dari keberhasilan bisnis popcorn adalah inovasi rasa. Oleh karena itu, Anda harus pandai dan peka terhadap faktor ini. Selalu lakukan penelitian, guna menemukan rasa baru yang dapat memuaskan pelanggan.

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Minuman Susu Unik & Anti Mainstream

Apakah Anda masih ingat sensasi minum susu menggunakan dot? Kebanyakkan dari Anda mungkin sudah tidak ingat lagi bagaimana sensasinya. Walaupun begitu, hampir semua dari Anda pasti pernah minum menggunakan dot saat kecil dulu.

Sebenarnya, kenangan semacam ini bisa menjadi peluang usaha yang bagus. Sebagai contoh, saat ini sudah berkembang sebuah usaha kuliner yang memanfaatkan kenangan saat meminum dot di masa kecil dulu.

Usaha ini bisa Anda terapkan karena mampu membuat sesuatu yang anti-mainstream dan berbeda dengan kompetitor. Usaha ini menggunakan botol dot yang merupakan benda familiar banyak orang. Botol dot tersebut digunakan sebagai kemasan minuman susu.

Jangan dikira bahwa membuat usaha kuliner anti-maintream harus selalu mengeluarkan modal yang besar. Mengenai modal yang dibutuhkan kisaran kurang lebih Rp 500.000 saja untuk memulai usaha kuliner tersebut.

Modal yang tidak terlalu besar tersebut digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan membuat milkshake dan tentu saja botol…

Cara Meningkatkan Pengeluaran Rata-rata Pengunjung di Coffee Shop

Bagaimana cara meningkatkan pendapatan Coffee Shop dengan POS System? Sebelum itu, mari kita rinci terlebih dahulu berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penjualan secangkir kopi!

Kita uraikan dahulu biaya untuk secangkir kopi dengan contoh rincian sebagai berikut:
Biaya biji kopi: Rp 5.000 per cangkir.Biaya cangkir: Rp 500 per buah.Biaya gula: Rp 500 per cangkir.Biaya susu: Rp 1.000 per cangkir.Biaya tenaga kerja: Rp 4.000 per cangkir. Kira-kira, total biaya yang harus Anda keluarkan untuk melayani secangkir kopi kepada pelanggan sebesar Rp 11.000.

Jika Anda menjual secangkir kopi seharga Rp 20.000, berarti laba Anda ialah Rp 9.000 per cangkir (belum termasuk pajak).

Berikutnya adalah menghitung modal awal sebuah kedai kopi. Biasanya, berkisar antara Rp300 juta sampai Rp3 miliar atau bahkan bisa lebih tergantung skalanya. Kita ambil jumlah rata-rata sekitar Rp1,3 miliar.

Apabila Anda secara eksklusif menjual kopi saja, dibutuhkan sekitar 144.444 cangkir kopi untuk coffee shop …